Apa itu Preventative Maintenance?

Hindari kerusakan traktor dengan pemeliharaan preventifIstilah tractor preventative maintenance atau jika diterjemahkan menjadi pemeliharaan preventif traktor mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tapi tahukan Anda bahwa dengan menjalankan program preventative maintenance dengan benar, traktor Anda dapat mencapai performa maksimal, memiliki usia pakai yang lebih panjang serta siap bekerja ketika Anda membutuhkannya.

Ingat ungkapan, “Sedia payung sebelum hujan.”?

Untuk tahapan awal, Anda dapat mencatat kerusakan-kerusakan apa saja yang sering terjadi pada saat traktor sedang bekerja di lapangan. Daftar kerusakan yang terjadi kemudian menjadi referensi dalam menyiapkan suku cadang (spare part) yang berhubungan langsung dengan kerusakan tersebut.

Pentingnya Pemeliharaan Preventif Traktor

Contoh dokumen pemeliharaan preventif traktor
Sumber: Tractor.com

Lalu apa pentingnya melakukan pemeliharaan preventif (preventative maintenance)? Pemeliharaan preventif, adalah upaya untuk menyiapkan kebutuhan suku cadang traktor yang umumnya rusak saat unit traktor bekerja.

Bagi pemilik traktor, “Sedia spare part sebelum rusak”

Tanpa preventative maintenance, bisa jadi unit traktor Anda harus berhenti beroperasi dalam waktu yang lebih lama lantaran harus mencari suku cadang terlebih dahulu. Seringkali komponen yang rusak berukuran cukup kecil dengan harga yang tidak seberapa, namun tanpa suku cadang itu dampaknya fatal. Apalagi jika komponen tersebut sulit untuk dicari dan akhirnya berimbas pada proses produksi yang terhenti.

Siapkan Suku Cadang Cadangan

Selain menyiapkan suku cadang (spare part) untuk kerusakan yang sering terjadi. Anda perlu menyiapkan suku cadang yang usia pakainya dipengaruhi langsung oleh kondisi lapangan, seperti fuel filter, oil filter, hydraulic filter, pin dan suku cadang lainnya. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa kembali membuka buku panduan manual traktor.

Tips Pemeliharaan Preventif

Berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan dalam menyiapkan pemeliharaan preventif:

Lakukan

  • Baca buku panduan manual traktor yang Anda gunakan secara menyeluruh
  • Jadwalkan perawatan berkala
  • Siapkan suku cadang sebelum jadwal pemeliharaan dilakukan, jangan lupa hitung waktu pengiriman barang jika suku cadang dikirimkan dari wilayah yang berbeda

Jangan Lakukan

  • Menunda pembelian suku cadang. Unit traktor yang tidak dapat bekerja lantaran tidak adanya suku cadang (spare part) berimbas pada kerugian bagi Anda
  • Jangan berpikir karena traktor atau implemen yang Anda gunakan masih baru maka tidak ada kerusakan sama sekali yang akan terjadi. Pencegahan lebih baik sebelum hal buruk.

Baca juga Perawatan Berkala Traktor itu Penting, Mengapa?

 

Sumber: What spare tractor parts should you have on hand

Artikel ini membantu Anda?