Cara Mengganti Oli Traktor

Jika pada artikel sebelumnya RajaPart memberikan panduan tentang Cara Merawat Traktor kini kita akan masuk ke bahasan yang lebih teknis, yaitu cara mengganti oli pada traktor pertanian.

Perawatan Traktor

Kotak Perkakas

Sebagai alat bantu petani, traktor kerap kali bekerja untuk beragam aktifitas, mulai dari membajak lahan, menebar bibit hingga membersihkan rumput liar yang ada pada lahan. Dengan beragam aktifitas tersebut, perawatan yang rutin menjadi keharusan agar traktor dapat tetap bekerja dengan baik.

Salah satu komponen penting dalam perawatan traktor adalah pergantian oli secara berkala. Oli sebagai pelumas pada traktor memiliki tujuan untuk mengurangi gesekan sehingga memperlancar pergerakan komponen di dalam mesin sehingga komponen tidak cepat aus.

Lakukan pergantian oli secara berkala sesuai dengan tingkat penggunaan traktor. Jika traktor kerap bekerja, maka lakukan pergantian oli lebih sering. Sekalipun unit jarang bekerja, Anda tetap harus mengecek oli secara berkala.

Cara Mengganti Oli Traktor

  1. Siapkan kotak perkakas (toolbox) yang terdiri dari berbagai kunci pas dan obeng
  2. Siapkan oli, serta pastikan hanya menggunakan oli yang berkualitas baik
  3. Tempatkan wadah untuk menampung oli bekas tepat di bawah lubang buang oli
  4. Buka baut lubang buang oli menggunakan kunci pas
  5. Buka lubang masukan oli yang berada di sisi atas
  6. Gunakan mesin pompa angin untuk membersihkan sisa oli yang menempel
  7. Pastikan untuk menutup baut lubang buang oli sebelum menuangkan oli baru
  8. Tuangkan oli baru melalui lubang masukan oli
  9. Gunakan alat pengukur untuk mengetahui ketinggian oli
  10. Setelah seluruh tahapan selesai, nyalakan mesin traktor untuk beberapa saat agar oli dapat tersalurkan dengan baik

Kubota OliLangkah-langkah diatas bersifat umum dan dapat Anda lakukan pada berbagai jenis traktor dari merk yang berbeda. Untuk menghindari kesalahan sebaiknya Anda membaca buku panduan traktor yang berasal dari masing-masing pabrikan traktor.

Selalu gunakan oli asli (genuine) dari produsen yang sudah terpercaya, dan hindari menggunakan oli bekas guna menghindari rusaknya komponen akibatnya adanya residu yang terdapat pada oli bekas.

Semoga artikel yang kami jelaskan dapat memberikan gambaran tentang cara melakukan pergantian oli pada traktor pertanian.

Selain oli, Anda juga perlu melakukan pengecekan spare part (suku cadang) traktor seperti Seal, Filter, Hose, Bushing dan Brake Disc agar terhindari dari kerusakan fatal akibat kelalaian melakukan pergantian spare part.

Butuh spare part, ya di RajaPart.com.

Artikel ini membantu Anda?