Jenis Perawatan Traktor

Pada artikel kali ini RajaPart akan mengajak Anda untuk lebih dalam mengenal jenis perawatan pada traktor. Ingin tau jenis perawatan apa saja yang harus dilakukan pada traktor dan perbedaan antar jenis perawatan? Yuk baca artikel lengkap berikut ini.

Perawatan Traktor

New Holland TD5Tak kenal maka tak sayang, yuk kita mengenal terlebih dahulu apa itu perawatan pada traktor. Pada dasarnya perawatan adalah serangkaian tindakan yang dilakukan secara berurutan secara berkala dengan tujuan memelihara kondisi dari objek yang dirawat.

Layaknya kendaraan bermotor lainnya, traktor sebagai alat bantu pertanian pun membutuhkan perawatan berkala guna menjaga kinerjanya tetap optimal dan memperpanjang usia dari traktor itu sendiri.

Traktor membutuhkan perawatan secara berkala guna mencegah kecelakan kerja yang mungkin terjadi akibat kerusakan komponen dan mesin, terutama pedal rem yang sering terlupakan.

Jenis Perawatan

Secara umum perawatan pada traktor terdiri dari 5 (lima) poin, yaitu:

1. Perawatan Rutin

Perawatan rutin merupakan jenis perawatan yang pelaksanaannya terjadwal setiap hari dengan tetap mengikuti standar pengecekan dan berjalan secara sistematis baik sebelum maupun sesudah traktor bekerja

2. Perawatan Periodik

Berbeda dengan perawatan rutin, perawatan periodik umumnya mengacu pada jangka waktu tertentu, misalnya setiap 1 (satu) atau 2 (dua) bulan sekali. Perawatan ini tetap mengacu pada standar pengecekan sebelumnya dan tersusun secara sistematis

3. Perawatan Terencana

Berbeda dengan dua perawatan sebelumnya, perawatan terencana hanya dapat bekerja atas dasar hasil pengecekan pada traktor, yang artinya dapat berbeda untuk setiap unit traktor yang Anda miliki. Umumnya perawatan ini bertujuan untuk memperbaiki kendala yang mungkin timbul secara berbeda untuk setiap unit traktor

4. Perawatan Pencegahan

Sebelas dua belas dengan perawatan terencana, perawatan pencegahan bekerja berdasarkan hasil terakhir pengecekan kondisi traktor. Pencegahan pun dapat berbeda untuk setiap unitnya

5. Tindakan Perbaikan

Tindakan perbaikan merupakan langkah perbaikan pada traktor pertanian saat mengalami kerusakan. Sekalipun kegiatan ini berlangsung saat unit mengalami kerusakan, namun persiapan alat dan komponen pengganti sudah harus siap sebelumnya.

Kubota L50186. Turun Mesin

Istilah turun mesin merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi perbaikan yang bersifat menyeluruh akibat kinerja mesin yang sudah tidak sesuai standar sehingga membutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh untuk dapat mengembalikan ke kondisi awal.

Setelah Anda mengetahui jenis perawatan traktor dan perbedaannya, ada baiknya segera membuat daftar pemeriksaan sebelum unit bekerja (Pre-Operation Safety) dan daftar perawatan (Maintenance Inspection Checklist) serta kalendar pengecekan untuk setiap unit traktor yang Anda miliki.

Pastikan juga Anda menyediakan stok spare part (suku cadang) yang cukup menghindari kehabisan stok saat traktor Anda membutuhkan perbaikan mendadak.

Jangan lupa untuk selalu membeli spare part (suku cadang) traktor Anda hanya di RajaPart

Artikel ini membantu Anda?